Aquascape Pagaralam,Dari Hobi Jadi Bisnis.

PAGARALAM ONLINE – Anak mudah kota Pagaralam semakin pintar melihat peluang bisnis (interprenuership),selain banyak yang menekuni bisnis di bidang kuliner seperti coffee shop yang saat ini telah menjadi gaya hidup anak muda Pagaralam,kini hobi pun bisa menghasilkan uang.

Seperti yang dilakoni Afran (25) anak muda asal dusun Pagardin yang hobinya kini banyak di lirik konsumen.

Didalam booth tenda di areal lapangan Merdeka Alun-alun Utara kota Pagaralam dan difasilitasi oleh panitia Besemah Expo 2019,terlihat banyak pengunjung sedang mengerumuni aquarium yang didalam banyak terdapat tanaman juga ikan warna-warni layaknya seperti berada di dasar danau atau sungai alias ekosistem aslinya yang di pajang oleh Afran.

Aquarium yang penuh dengan tanaman hidup seperti dikondisi alam sebenarnya jni Afran sebut sebagai aquascape.

Dijelaskan Afran,hobinya kini sudah banyak dilirik warga yang sama-sama penghobi ikan hias dalam aquarium dimana harga yang di tawarkannya tergantung jenis tanaman hidup yang di jnginkan konsumen juga jenis ikan serta alat-alat pendukung kehidupan tanaman dan ikan.

“Awalnya dari hobi mas,tapi karena banyak yang suka akhirnya jadi bisnis,”ujarnya kepada Pagaralam Online

Dijelaskan Afran,untuk membuat sebuah aquascape butuh proses serta waktu yang memang cukup panjang yakni sekitar 3 bulan hingga sampai ke tangan konsumen.Mulai dari pemilihan jenis tanah dan pasir,tanaman hidup yang di inginkan konsumen,pemupukan hingga pemilihan ikan.

“Klo ada yang berminat memelihara ikan hias menggunakan model aquascape ini memang harus sedikit bersabar pasalnya prosesnya memang makan waktu,awalnya ketemu konsumen saya ajak diskusi soal ekosistem seperti apa yang dia suka,jenis tanamannya apa,termasuk jenis ikannya,kalau sudah sepakat baru saya bangunkan aquascapenya,”jelasnya sembari menjelaskan untuk harga sendiri mulai dari Rp 1,5 juta sampai tertinggi Rp 15 juta tergantung ukuran dan kerumitan pembuatannya.

Ditambahkan Afran,selain membangun aquascape berbasis tanaman dan ikan air tawar,dirinya mengaku saat ini juga sedang menggeluti aquascape air asin dengan terumbu karang asli serta ikan hias air laut.

“Sekarang sudah bikin aquascape air asin tapi baru sebatas koleksi pribadi dulu,”tutupnya (29/06)

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.