Efsi ngotot Dinas Perikanan berdiri sendiri. Ini alasannya


PAGARALAM ONLINE – Walaupun sempat hujan interupsi ,namun akhirnya DPRD Kota Pagaralam tetap menandatangi kesepakatan bersama  dengan Pemkot Pagaralam mengenai dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang diajukan pihak eksekutif dalam rapat pleno DPRD Kota Pagaralam,  Senin (17/10)

Adapun raperda yang sempat menjadi perdebatan dan hujan interupsi diantara anggota dewan itu adalah raperda mengenai pembentukan dan susunan perangkat daerah menindak lanjuti Peraturan Pemerintah (PP)18 Tahun 2016, tentang Perangkat Daerah.Dimana Ketua Komisi II, Efsi SE bersikeras agar dalam raperda yang akan disepakati dan ditandangi bersama, Dinas Perikanan Type C tetap berdiri sendiri dan terpisah dengan dinas lain.

“Saya dari Komisi II meminta kepada ketua agar sebelum ditandatangi keputusan bersama ini kiranya dipertimbangkan kembali soal opsi adanya Dinas Perikanan dengan Type C masuk dalam susunan perangkat daerah,”tegas politisi Partai Golkar ini  .

Keinginan Efsi SE agar Dinas Perikanan Type C ini bisa berdiri sendiri rupanya bukan tidak beralasan. Pasalnya  dalam penyampaiannya di pleno dewan tersebut bahwa berdasarkan hasil kajian pihaknya bersama tim ahli dari kementrian Perikanan dan Kelautan menyimpukan bahwa Dinas Perikanan Type C  untuk Kota Pagaralam bisa berdiri sendiri dan tidak perlu digabung dengan dinas lain. Selain itu  adanya permintaan tertulis dari Walikota Pagaralam, Ida Fitriati kepada komisi II agar Dinas Perikanan dapat tetap ada dalam susunan perangkat daerah yang akan disahkan melalui raperda.

“Kami sebelumnya juga sudah menerima surat dari saudara walikota agar kiranya Dinas Perikanan ini bisa berdiri sendiri dan terpisah dari dinas lain,”ungkapnya.

Namun keinginan Efsi SE ini tidak mendapat respon positip dari anggota dewan lainnya.  Walaupun sempat dilontarkan opsi  voting oleh Jenni Sandia SE dan Nanto SE dari Fraksi Partai Nasdem  dan PKB namun akhirnya pleno dewan tetap menyepakati dan menyetujui dinas perikanan tetap bergabung dengan Dinas Ketahanan Pangan.

Dalam usulan Raperda yang diajukan Pemkot Pagaralam tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah yang  sudah di bahas serta diputuskan di tingkat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Pagaralam beberapa lalu, diputuskan adanya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan,dimana sebelumnya dalam raperda yang diajukan pihak pemerintah Dinas Ketahanan Pangan berdiri sendiri sementara perikanan digabung dengan pertanian menjadi Dinas Pertanian dan Perikanan Type A

Related posts

Leave a Comment