Kemplang Mi,Kuliner “Endemik” Bumi Besemah

PAGARALAM ONLINE – Selain terkenal dengan keindahan dan keelokan alamnya. Kota Pagaralam atau Bumi Besemah,di kenal juga dengan beragam macam kuliner khasnya seperti Cace Kubit,bubur Serawe dan banyak jenis kuliner lainnya.

Namun ada satu jenis kuliner khas yang cukup digemari oleh warga kota Pagaralam mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang ternyata menurut FAKTA yang ada cuma ada di Besemah dan tidak ada di daerah lain.

Nama kuliner ini adalah “Kemplang Mi”,dimana kuliner yang biasa jadi jajanan warung atau pasar ini dari sejak dulu hingga sekarang masih sangat di gemari terutama oleh anak-anak dan orang dewasa khususnya kaum hawa. Dan yang lebih membuat kuliner ini khas adalah begitu kita keluar dari wilayah kota Pagaralam atau Besemah secara umum,kuliner ini sama sekali tidak di temukan di tempat lain.

Tidak seperti Cace Kubit atau Bubur Serawe,yang hanya bisa di temukan pada pada moment-moment tertentu seperti bulan puasa atau acara-acara keagamaan saja. Kuliner Kemplang Mi,bisa di nikmati atau di beli setiap hari oleh warga, sebab termasuk jajanan pasar yang banyak di jual di warung makanan atau juga bisa di beli dari pedagang makanan keliling.

Menurut cerita Bik Ismah yang sudah puluhan tahun berjualan makanan dan jajanan tradisional di Dusun Pagaralam Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara. Kuliner Kemplang Mi ini memang sudah lama ada di kota ini,namun dia sendiri tidak mengetahui persis siapa yang pertama kali membuat atau yang menjualnya pertama kali.

“Saya berjualan makanan termasuk kemplang mi ini sudah sejak tahun 1975,namun saya sendiri tidak tahu siapa yang memperkenalkan atau yang membuat makanan ini pertama kali,namun yang saya tahu makanan ini khas Pagaralam,”ujarnya.

Penelusuran Pagaralam Online di beberapa daerah di sekitar kota Pagaralam seperti Kota Lahat,Empat Lawang atau beberapa daerah lain,ternyata Kemplang Mi ini sama sekali tidak di temukan. Tidak seperti Empek-Empek,Tekwan ataupun Lemang yang gampang sekali di temukan di semua daerah terutama di Sumatera Selatan,kuliner Kemplang Mi ini hanya ada di Pagaralam (Endemik) dan hanya orang-orang Pagaralam yang faham bagaimana membuat serta meracik sehingga enak dan menjadi favorit warga.

Related posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.