EKONOMIHEADLINENASIONALPEMERINTAHANPESONA PAGARALAM

Pengembangan Objek Wisata Tebat Gheban Rupanya Terganjal Aturan

PAGARALAM ONLINE – Terkait keluhan masyarakat soal buruknya kondisi objek wisata Tebat Gheban yang kian hari kian suram dan terbengkalai terjawab sudah.

Di temui di kantornya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Pagaralam Drs Syamsul Bahri Burlian kepada Pagaralam Online menjelaskan bahwa Pemkot Pagaralam tidak berhak dan juga tidak ada kewajiban untuk melakukan perbaikan ataupun pembangunan sarana pendukung kepariwisataan di lokasi tersebut karena Tebat Gheban bukanlah aset milik pemerintah daerah.

“Tebat Gheban itu bukan milik Pemkot alias masih milik adat sehingga pemerintah tidak bisa melakukan perbaikan atau pembangunan sarana pendukung kepariwisataan disana,” ujarnya.

Syamsul menjelaskan bahwa setiap pembangunan di kota Pagaralam tidak terkecuali pembangunan sarana dan prasana penunjang kepariwisataan wajib ada dasar hukumnya termasuk didalamnya legaligas kepemilikan objek tersebut sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari.

Baca Juga  Kunjungan LPMP Sumsel Tentang Program Penjamin Mutu Pendidikan Kota Pagaralam

“ Setiap pembangunan yang menggunakan uang negara wajib ada legalitasnya termasuk kepemilikan objek,sehingga pembangunan yang akan dilaksanakan tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari.Untuk masalah Tebat Gheban hingga saat ini lokasi tersebut belum di hibahkan ataupun belum atas nama Pemkot Pagaralam jadi tidak mungkin kita bangun atau perbaiki,” jelasnya.

Menanggapi berbagai pembangunan seperti akses jalan beraspal di sekeliling objek wisata tersebut,kemudian juga pembuatan Gazebo atau tempat peristirahatan serta fasilitas pendukung lainnya oleh pemerintahan sebelumnya,Syamsul mengaku tidak mengerti persoalan tersebut.

“Kalau soal akses jalan dan gazebo serta fasilitas lain yang sudah dibangun oleh Pemkot sebelum ini,saya sendiri tidak mengerti karena waktu itu saya belum menjabat kepala dinas,” ungkapnya.

Baca Juga  Meski Diancam 10 Tahun Penjara,Pedagang Petasan Cuek Bebek

Pantuan Pagaralam Online,kondisi objek wisata Tebat Gheban yang terletak di Dusun Alundua Kelurahan Alundua Kecamatan Pagaralam Utara kota Pagaralam saat ini kondisinya makin suram dan sangat memprihatinkan,akses jalan di sekeliling objek wisata tersebut kini sudah banyak yang rusak berat dan bahkan ada satu titik jalan yang sudah terputus dan sama sekali tidak bisa di lalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Demikian juga dengan fasilitas pendukung lainnya seperti wc umum yang sudah tidak berfungsi lagi serta gazebo atau tempat peristirahatan yang sudah rusak parah bahkan banyak yang sudah roboh.

 

 

Related Articles

One Comment

  1. Waduh kasihan juga tu ma Tebat Gheban, klw memang bukan diolah dinas pariwisata kenapa dulunya dibangun kemudian diolah menjadi sebuah tempat pariwisata, bukanya untuk mengolah itu semua butuh uang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close